A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/uversaci/akuntansi.uvers.ac.id/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/uversaci/akuntansi.uvers.ac.id/index.php
Line: 315
Function: require_once

Profile Prodi | Akuntansi UVERS
UNIVERSITAS UNIVERSAL

AKUNTANSI




Profile Prodi

Senin, 10 September 2018 ~ Oleh AJS ~ Dilihat 349 Kali

Akuntansi kini telah menjelma sebagai salah satu bidang ilmu yang sangat diperlukan, sama seperti bidang-bidang ilmu lainnya. Tidak jarang, perusahaan membuat keputusan penting berdasarkan laporan-laporan keuangan yang dibuat oleh para akuntan. Akuntansi pun dipelajari dari 2 sisi, yaitu positive accounting yang berbicara di sisi pengetahuan dan normative accounting yang berbicara dari sisi praktis.

Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) mengembangkan 5 konsentrasi spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, yaitu 

  1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)
  2. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
  3. Audit (Auditing)
  4. Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System)
  5. Akuntansi Sektor Publik (Public Sector Accounting)

Akuntansi Keuangan (Financial Accounting) 

Berfokus pada pembuatan laporan keuangan perusahaan yang dapat digunakan sebagai alat untuk pengambilan keputusan bagi para manajer perusahaan serta menjadi pedoman bagi para investor dalam menanamkan investasinya, konsentrasi akuntansi keuangan merupakan konsentrasi favorit bagi para calon akuntan yang ingin menjadi ahli keuangan diperusahaan - perusahaan maupun pribadi.

Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi Manajemen atau bisa dibilang sebagai Akuntansi Manajerial, konsentrasi ini berfokus kepada penggunaan informasi akuntansi dimana lulusan dari akuntansi manajemen ini diharapkan bisa memiliki peran penting dalam membuat keputusan dan memiliki pandangan yang dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Audit (Auditing) 

Audit dan Akuntansi Keuangan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan ibarat dua sisi koin akuntansi keuangan membuat laporan keuangan, audit akan melakukan pemeriksaan laporan keuangan tersebut. Lulusan bagi konsentrasi audit dapat menjadi seorang auditor baik itu auditor eksternal maupun internal.

Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System) 

Konsentrasi ini berfokus kepada perancangan sistem informasi, seperti merancang Standar Operasional Prosedur (SOP). Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi, memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan serta melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi. Lulusan bagi konsentrasi ini dapat menjadi seorang Internal Control.

Akuntansi Sektor Publik (Public Sector Accounting) 

Konsentrasi ini berfokus kepada struktur pemerintahan, mahasiswa akan dibekali mengenai akuntansi pemerintah konsentrasi ini sama dengan konsentrasi Akuntansi Keuangan dan Audit hanya saja lebih berfokus mengenai Akuntansi Pemerintahan

Demi menunjang 5 konsentrasi tersebut, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) membekali mahasiswa dengan hardskill dan softskill. Hardskill minimal yang diberikan meliputi komputerisasi akuntansi hingga Brevet Pajak A dan B. Sedangkan Softskill meliputi integritas, independensi, dan kejujuran. Lebih jauh, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan melengkapi bidang keilmuan akuntansi dengan akuntansi berbahasa mandarin. Hal tersebut untuk menyikapi kondisi perekonomian dunia yang semakin terpengaruh oleh negara Tiongkok.

Dengan berbagai konsentrasi dan keahlian tersebut, para lulusan Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan mendorong para mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi CA (Cartered Accountant), CMA (Certified Management Accountant), dan CPA (Certified Public Accountant). Ketiga sertifikasi yang akan mendorong para lulusan untuk menjadi akuntan-akuntan profesional tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Selain dapat berkarir di 3 bidang tersebut, para lulusan juga berpeluang meniti karir sebagai konsultan pajak, auditor, dan akuntan pemerintah.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Program Studi Akuntansi Universitas Universal (UVERS) akan terus mengejar prestasi, termasuk prestasi karya ilmiah dan dosen pada tingkat nasional maupun internasional. Demi mencapai cita-cita tersebut, Program Studi Akuntansi melalui Universitas Universal (UVERS) juga tidak ragu untuk memberikan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi.

  1. ARTICLES